Langsung ke konten utama

Safety Helmet



Sobat tentu sudah tahu bahwa pekerja konstruksi tidak akan lepas dari Alat Pelindung Diri (APD). Dalam APD ini juga terdiri berbagai komponen salah satunya helm proyek atau safety hemet. Nah, tahukah Sobat, sejarah dari safety helmet? Rupanya secara resmi helm keselamatan dikembangkan pada tahun 1912, tepatnya di Worker’s Accident Insurance Institute Kerajaan Bohemia. Sebelum adanya helm keselamatan ini, dahulu para pekerja memakai helm yang terbuat dari aspal kering yang sudah mengeras setelah dijemur matahari untuk melindungi kepala mereka dari material bangunan. Seiring berkembangnya jaman, umumnya saat ini safety helmet terbuat dari High Density Polyethylene atau HDPE. 
__
Jika Sobat perhatikan, tentu Sobat akan menemukan safety helmet dengan beragam warna. Ragamnya warna pada safety helmet ternyata memilki arti tersendiri lho! Warnanya yang di design dengan mencolok antara lain agar para pekerja yang memakai safety helmet terlihat apabila terdapat alat berat yang lewat sehingga meminimalisir kecelakaan. Tidak hanya itu saja safety helmet juga membedakan posisi atau jabatan seseorang, seperti yang terdapat pada video diatas. 
__
Menariknya warna safety helmet ini dapat berbeda arti melihat dari lapangan pekerjaannya. Seperti di pertambangan minyak helm warna kuning digunakan untuk devisi yang paling penting seperti Engineer ahli, namun di konstruksi topi berwarna kuning digunakan untuk pekerja umum.
__
Bagaimana Sobat adakah arti warna lainnya pada safety helmet yang kamu ketahui?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pondasi

Sobat, tahukah anda apa sebenarnya arti dari kata pondasi?  __  Pondasi merupakan salah satu bagian dari struktur bangunan ataupun jalan yang memiliki peran sangat penting bagi struktur itu sendiri. Adanya pondasi yang kuat dan sesuai dapat menjamin kestabilan bangunan terhadap beban bangunan, beban berguna dan gaya -gaya yang ada seperti tekanan angin, gempa bumi dan sebagainya.  __  Pondasi merupakan suatu bagian konstruksi yang bertugas untuk menyalurkan atau meneruskan beban-beban bangunan atas seperti pierhead, girder dan sebagainya ke tanah dasar. Nah, pada pondasi ini tidak boleh terjadi penurunan pondasi setempat atau penurunan pondasi merata lebih dari batas tertentu.  __ Pondasi terdiri dari berbagai macam seperti pondasi dangkal yang umumnya digunakan pada bangunan rumah dan gedung bertingkat yang memiliki beban tidak besar atau dikenal juga dengan pondasi langsung. Lalu, terdapat juga pondasi sumuran yang digunakan pada lapisan tanah keras serta tidak terlalu dalam dan p

Resensi: ILMU MEKANIKA TEKNIK bahagian A (DASAR-DASAR ILMU KEKUATAN)

JUDUL BUKU                      : DASAR-DASAR ILMU KEKUATAN. PENGARANG BUKU          : 1. Ir. J.G.C. Hofsteede                                                  2. Ir. P.J. Kramer                                                  3. Soemargono CETAKAN KEDUA             : EYD PENERBIT                            : PRADNYA PARAMITA Didalam buku ini terdapat beberapa pelajaran yaitu : 1. Menentukan secara grafis resultante gaya-gaya yang melalui sebuah titik dan terletak di sebuah bidang 2. Cara menguraikan sebuah gaya menjadi dua buah gaya lainnya dengan jalan grafis 3. Cara menyusun gaya-gaya yang terletak sembarang disebuah bidang dengan jalan grafis 4. Cara menguraikan sebuah gaya menjadi dua buah gaya yang sejajar dengan gaya tadi, dengan jalan grafis. 5. Dalil momen dan varignon 6. Kopel. Syarat-syarat grafis untuk keseimbangan suatu susunan gaya datar 7. Perbincangan tentang cara menyusun gaya-gaya dan tentang keseimbangannya suatu susunan gaya datar